BUDAYA HEDONISME

           Gaya hidup hedonis adalah suatu pola hidup yang mencari kesenangan seperti, banyak  menghabiskan waktu diluar rumah, lebih banyak bermain, senang membeli barang-barang yang berharga mahal. Perilaku hedonisme saat ini sudah sangat melekat pada sebagian masyarakat Indonesia terutama masyarakat yang tinggal dikota-kota besar. Dimana perilaku hidup seperti ini bersifat negative karena hanya mementingkan kenikmatan, kesengan dan  kepuasaan yang semuanya bersifat duniawi.

           Wajar saja memang ketika manusia hidup untuk mencari kesenangan dan kepuasan, karena itu merupakan dasar sifat manusia. Contohnya pada saat ini kemajuan teknologi informasi telah menawarkan berbagai macam gaya hidup kepada masyarakat terutama kepada generasi muda/remaja. Para remaja berlomba-lomba untuk mengikuti tren gaya hidup untuk mencapai kepuasaan pribadi yang kadang-kadang menjerumus kepada hal-hal yang bersifat negatif.

          Budaya hedonisme telah mendorong banyak orang memiliki suatu barang atau mencari kepuasaan dimana suatu barang dan kepuasaan tersebut bukanlah keperluan utama dalam kehidupan. Selain itu budaya hedonisme hanyalah membuat kesenagan individu, dalam mengahadapi budaya hedonisme yang sangat banya membawa efek atau pengaruh negatif dalam kehidupan bermasyarakat.

          Memilih gaya hidup/budaya hedonis sesungguhnya tidak akan pernah membawa kebahagiaan dan kepuasan dalam hidup. Bagi belum terlanjur atau tidak perna terpengaruh gaya/budaya hidup seperti ini. Segeralah ubah perilaku tersebut, karena sesungguhnya kebahagiaan itu sebenarnay berada pada hati dan jiwa disetiap individu, saatnya bagi kita menumbuhkan akhlak dan kembali kepada jalan Illahi , tumbuhkan juga rasa kepedulian pada sesame dan juga buanglah sifat mementingkan kepentingan individu.     

          Karena banyaknya efek buruk yang ditimbulkan oleh adanya budaya hedonis maka kita perlu untuk mengantisipasinya dengan misalnya perlunya kearifan dalam memilih barang atau kepentingan agar tidak terjebak dalam gaya hidup hedonisme, menanamkan pola hidup sederhana dalam pribadi masing-masing, adanya kedewasaan dalam berfikir, perlunya ketelitian dalam mengelola uang terutama uang yang ada pada diri remaja yang biasanya berasal dari orang tua agar pengeluaran tidak lebih besar dari pada pemasukan, dalam berbelanja hendaknya kita mencari suatu yang benar-benar kita perlukan.

Tinggalkan komentar